Sudut Istimewa dengan Lima Jari

Saya mencoba mengembangkan tulisan Menghafalkan Sudut-sudut Istimewa dengan Tangan yang memanfaatkan media tangan untuk mengingatkan sudut-sudut istimewa pada kuadran I (0, 30, 45, 60 dan 90) pada memori/ingatan kita, sangat menarik dan sangat membantu  pemahaman siswa untuk mengingatnya.

Perhatikan gambar berikut :

Cara menggunakannya,

perhatikan nilai pada pergelangan tangan (itu patokannya)  

dan perhatikan nilai sudut untuk x = 0, 30, 45, 60 dan 90 yang ditulis pada kuku, dimulai dari kuku jari kelingking (x=0) diibaratkan nol nilai yg kecil makanya ditulis di kelingking dan seterusnya hingga (x=90) ditulis pada kuku ibujari yg diibaratkan nilai paling besar.

Nilai n yang dipakai untuk sin x (berwarna hijau) dimulai n = 4 pada ibujari terus hingga n = 0 pada kelingking, jadi penggunaanya, sbb :





Nilai n yang dipakai untuk cos x (berwarna merah) dimulai n = 0 pada ibujari hingga n = 4 pada kelingking, untuk penggunaanya bisa anda cobakan sendiri

sehingga nantinya kita bisa menyimpulkan sebagai berikut :

INGAT : untuk mendapatkan nilai tangen (tan) cukup kita bagi nilai sin dengan cos karena kita tau bahwa ,

tan x = sin x/ cos x

Nah, begitulah cara menghafalkan sudut istimewa pada trigonometri, SEMOGA BISA MEMBANTU !!!

Menghafalkan Sudut-sudut Istimewa dengan Tangan
%d blogger menyukai ini: