PENILAIAN BERBASIS KOMPETENSI

Seiring berlakunya kurikulum berbasis kompetensi yang dikenal dengan nama Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP),  ada hal yang unik dari kurikulum ini dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya adalah sistem penilaian, pada kurikulum sebelumnya penilaian hanya memuat satu aspek saja yaitu aspek kognitif,  tidak memilah kemampuan siswa dari aspek pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi serta pemecahan masalah, ketiga aspek tadi muncul pada kurikulum KTSP.

Terintegrasi dalam soal:

Pada awalnya saya berpikir bahwa setiap soal memuat satu aspek penilaian, betapa sulitnya kita membuat dan memilah soal yang memuat setiap aspek, dan betapa susah dalam menilainya. Ternyata alur pemikiran awal saya terbantahkan ketika  saya mencoba membuat soal pemecahan masalah ternyata soal tersebut tidak bisa diselesaikan oleh siswa tanpa mengetahui konsepnya, jadi saya membuat hipotesa bahwa setiap soal bisa saja memuat 1, 2 ataupun 3 aspek, jadi kemungkinanya adalah (1, 1,2, atau 1,2,3).

Membuat Kisi-kisi soal?

Untuk membuat penilaian KTSP yang terintegrasi kedalam tiga aspek penilaian KBK dimulai dengan menyusun Kisi-kisi soal:

1) Pemahaman konsep merupakan kompetensi yang ditunjukkan siswa dalam memahami konsep dan dalam melakukan prosedur (algoritma) secara luwes, akurat, efisien dan tepat. Indikator yang menunjukkan pemahaman konsep antara lain adalah:
a) menyatakan ulang sebuah konsep
b) mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya)
c) memberi contoh dan non-contoh dari konsep
d) menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis
e) mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep
f) menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu
g) Mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah

2) Penalaran dan komunikasi merupakan kompetensi yang ditunjukkan siswa dalam melakukan penalaran dan mengkomunikasikan gagasan matematika.Indikator yang menunjukkan penalaran dan komunikasi antara lain adalah:
a) menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, gambar dan diagram
b) mengajukan dugaan
c) melakukan manipulasi matematika
d) menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi
e) menarik kesimpulan dari pernyataan
f) memeriksa kesahihan suatu argumen
g) menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi

3) Pemecahan masalah merupakan kompetensi strategik yang ditunjukkan siswa dalam memahami, memilih pendekatan dan strategi pemecahan, dan menyelesaikan model untuk menyelesaikan masalah.
Indikator yang menunjukkan penalaran dan komunikasi antara lain adalah:
a) menunjukkan pemahaman masalah
b) mengorganisasi data dan memilih informasi yang relevan dalam pemecahan masalah
c) menyajikan masalah secara matematik dalam berbagai bentuk
d) memilih pendekatan dan metode pemecahan masalah secara tepat
e) mengembangkan strategi pemecahan masalah
f) membuat dan menafsirkan model matematika dari suatu masalah
g) menyelesaikan masalah yang tidak rutin

KISI-KISI ULANGAN SEMESTER GANJIL
MATA PELAJARAN: MATEMATIKA
kisi-kisi1

Format ini terdiri dari:

  • Standar kompetensi
  • Kompetensi dasar
  • Indikator
  • Nomor soal
  • Aspek penilaian
  • Jumlah soal
  • Keterangan
  • Bentuk soal

informasi selengkapnya klik di sini format kisi-kisi

Menyusun pedoman penskoran

penskoran

Pedoman penskoran merupakan salahsatu cara yang baik dalam memberikan penilaian pada pekerjaan siswa, seorang guru tidak menggunakan format penilaian, maka penilaiannya akan mengada-ngada, menerka-nerka, sehingga dia tidak bisa memberikan penilaian yang objektif kepada pekerjaan siswa.

Ingat dalam membuat penskoran disesuaikan dengan jumlah skor tiap penilaian dan jangan melewati skor yang ada pada item tersebut.

Setelah proses pembuatan penskoran dilanjutkan dengan membuat format penilaian dengan menggunakan program excel, seperti berikut:

penilaian

Format ini terdiri dari:

  • No
  • Nama Siswa
  • JK
  • Bobot per-item
  • Skor per-item

informasi selengkapnya klik di sini format penilaian

Mudah-mudahan tulisan ini dapat bermanfaat

About these ads
%d bloggers like this: